Rabu, 25 Juni 2008

Things Marketers Should Never Say (chapter 2)

Ho, jumpa lagi dengan Master ^o^
Lovely morning...
Master lanjutin apa yang sebaiknya Lightians tidak katakan kepada customers as Marketers.
So, let's begin :

6.Will That be All ? alias apakah yang anda butuhkan tersedia semua ?
Pada bagian ini, customers jarang ada perspektif negatif, namun bagaimanapun juga marketers harus mengambil kesempatan untuk meningkatkan penjualan produknya.
Sebaiknya kita katakan saja "apakah anda melihat kalau customers kita pergi dengan produk ini(nama produk)? atau "maukah anda mencoba alternatif produk ini (nama produk)?"

7.It's Over There alias itu tuch barangnya yang disana...
Hal diatas mencerminkan buruknya pelayanan kepada customers sehingga dapat menimbulkan perspektif negatif dalam benak customers dan bisa-bisa customers bakal enggan datang lagi ke tempat kita, dan lebih buruknya lagi perspektif negatifnya disebarkan dari mulut-ke mulut, coba Lightians bayangkan efek dominonya.
Kita sebagai marketers sebaiknya mengatakan "tolong ikut saya, saya akan menunjukkannya pada anda"


8.I Can't Do That or saya ngga bisa melakukan itu.
Sama dengan penjelasan di point 7, so lebih baik dihindari karena hal itu juga mencerminkan bahwa kita malas, ada ngga ada customers ngga masalah, itulah kesan yang timbul karena sikap kita yang negatif.
So, sebaiknya katakan "apakah yang dapat saya bantu...?"

9.That's Not My Department or itu bukan urusan saya / itu bukan bagian saya.
Marketers sebaiknya melatih / mentraining staf nya supaya bisa saling mendukung antar bagian, sehingga tercipta kesan positif bagi customers.
Katakan saja "saya sangat senang dapat membantu anda untuk menunjukkan personal yang tahu lebih banyak tentang bagian yang anda sebutkan tadi."

10.We're Out of That alias barang kami sudah habis, kacian dech.
Jangan pernah meminta customers untuk menghubungi kita, karena dapat dipastikan sebagian besar customers akan mencari alternatif tempat lain untuk mendapatkan kebutuhannya itu, kita dapat kehilangan kesempatan memperoleh customers.
Lebih baik "barang yang anda butuhkan kebetulan sedang habis stoknya namun akan datang lagi segera (sebutkan waktu kalau mungkin). Dapatkah anda memberitahu nama dan nomor yang dapat dihubungi, saya akan menghubungi anda begitu barang tersedia? terima kasih"

To be continue (again)...

Have a nice day !
Together we change the world better than today ...

1 komentar:

yenny mengatakan...

bagus sekalee,,,but I think that is not only for those marketers but also for all staffs in all depts,,if they able to do those things they will reach good results then..