Selasa, 03 Juni 2008

Emergency Fund

Emergency fund ? Makanan apa lagi itu ??? Mungkin ada beberapa pertanyaan dari kalian tentang istilah ini, Master akan memberikan informasi mengenai hal yang penting ini.

1. Apa Sih Emergency Fund (EF) Itu ?
Emergency Fund atau yang lebih dikenal dengan dana darurat adalah dana yang kita cadangkan untuk sesuatu yang ada diluar perkiraan kita. Dalam hidup ini, tentu ada hal yang dapat kita perkirakan dan yang tidak bisa diperkirakan dan kita harus prepare terhadap situasi tersebut, itulah alasan mengapa kita perlu EF.
Contoh financial emergency, misalkan tiba-tiba Boss kita berkata "You're Fire !!!" tanpa alasan yang jelas dan kita tidak ada kuasa untuk menolaknya, kita menjadi jobless, sudah siapkah kita ? Apakah kita mempunyai cukup dana sampai kita mendapat pekerjaan dan penghasilan baru ? Syukur-syukur kita mendapat pekerjaan dalam waktu dekat, bagaimana kalau ternyata sampai 3 bulan lebih kita belum mendapat pekerjaan dan penghasilan baru ? Contoh lain, renovasi rumah karena kayu-kayu yang lapuk dimakan rayap dimana kita tidak pernah memimpikan hal ini akan terjadi, atau tiba-tiba ada anggota keluarga kita masuk rumah sakit dan harus dioperasi hari itu juga dan kita harus meletakkan deposit yang nilainya jutaan atau bahkan puluhan juta Rupiah di rumah sakit itu, apakah kita ada cukup dana ?

2. Seberapa Besar Seharusnya EF Itu ?
Tidak ada ketentuan pasti seberapa besar EF tersebut. Sebagian besar konsultan keuangan menyarankan kita mempunyai EF sebesar 3-6 bulan dari rata-rata expenses kita per bulannya. Hal itu juga tergantung pada spesific situation, seperti apakah kita mempunyai tanggungan keluarga atau tidak, asuransi yang dapat mengcover, hutang yang ada.

3. Mengapa Besarnya EF Disarankan Sebesar 3-6 Bulan Dari Rata-Rata Expenses Kita Per Bulannya ?
Alasan umum yang paling sering adalah EF selalu berhubungan dengan hilangnya penghasilan secara tiba-tiba.
Coba bayangkan jika kita atau pasangan kita kehilangan pekerjaan diluar perkiraan, dengan adanya EF, kita masih bisa membayar tagihan-tagihan biaya hidup dan kita masih mempunyai waktu untuk mencari dan mendapatkan pekerjaan.

4. Bagaimana Cara Kita Memulai EF ?
a.Komitmen terhadap diri sendiri bahwa tujuan kita mempunyai EF yaitu untuk prepare hidup yang lebih baik
b.Set tujuan kita jangan terlalu besar, jangan langsung 6 bulan expenses, tapi pelan-pelan, misalkan 1 bulan dulu, yang terpenting yaitu kita dapat memanage usaha kita untuk mencapai target optimalnya.
c.Jika kita saat ini tidak mempunyai EF, mulailah dengan menyisihkan penghasilan kita sedikit-demi sedikit, kita bentuk habit (kebiasaan) untuk mulai menyisihkan penghasilan ke dalam ER.

5. Dimana Kita Sebaiknya Menyimpan EF ?
Hal terpenting, simpanlah EF di tempat yang cukup liquid, dalam arti, jika sewaktu-waktu kita membutuhkan, kita tidak kesulitan memperolehnya dan dapat dengan cepat pula diperolah. Kita dapat saja menyimpannya di bank, atau pilihan terbaik di dalam money market atau deposit. Sebaiknya kita tidak menyimpan ER dalam bentuk stocks (saham) atau mutual fund karena ketidakstabilannya sebab kita dapat saja kehilangan dana yang dengan susah payah kita dapat dalam waktu singkat.

So all, lets make Emergency Fund for our better life...

Tidak ada komentar: