Rabu, 16 Juli 2008

Introduction of ISO

Hi, hi, hi again \(^^)
Now, Master will introduce ISO for you, Lightians...
  • What's ISO ?

ISO (The International Organization for Standarization) adalah organisasi nonpemerintah yang bertujuan meningkatkan standarisasi internasional pada masing-masing negara atau penjelasan lainnya, ISO itu adalah suatu federasi badan standar nasional seluruh dunia yang berasal lebih dari 100 negara.

ISO ini didirikan pada tahun 1947 dan mempunyai misi untuk meningkatkan pengembangan standarisasi dan aktivitas yang terkait di dunia dengan pandangan mempermudah pertukaran internasional baik barang maupun jasa dan juga untuk mengembangkan kerjasama dalam bidang aktivitas intelektual, ilmu pengetahuan, ekonomi dan tehnik.

  • Various of Management System Certification :
  1. ISO 9001 : 2000 => standar internasional berkaitan dengan manajemen mutu yang berlaku bagi setiap company dengan berbagai jenis sektor usaha, yang apabila diterapkan dengan baik akan menghasilkan peningkatan kinerja company melalui continuous improvement.
  2. ISO 14001 : 2004 => standar internasional berkaitan dengan sistem manajemen lingkungan yang berdasarkan pada kepatuhan terhadap perundang-undangan dan continuous improvement.
  3. ISO 22000 => standar internasional yang mencakup sistem manajemen keamanan pangan dengan mengakomodasikan dan mengharmonisasikan standar keamanan pangan yang telah ada sebelumnya.
  4. ISO / TS 16949 => standar internasional berkaitan dengan manajemen mutu pada supplier industri otomotif dalam sistem mata rantai industri otomotif secara keseluruhan.
  5. ISO 13485 / MDD => standar internasional yang berkaitan dengan standar manajemen yang berlaku pada produsen alat kesehatan, misalkan produsen hendak mengekspor produknya ke Uni Eropa maka harus mendapatkan tanda CE dan memenuhi persyaratan MDD.
  6. ISO 20000 => standar internasional yang berkaitan dengan standar manajemen yang diterapkan untuk semua ukuran company atau organisasi yang menyediakan jasa TI (Tehnologi Informasi).



  7. ISO 27000 => standar internasional yang berkaitan dengan standar manajemen yang menjamin pengendalian terhadap keamanan dan ketersediaan informasi perusahaan.
  8. ISO PAS 28000 => standar internasional yang berkaitan dengan standar manajemen untuk company logistik atau organisasi yang mengelola mata rantai supply barang.
  9. OHSAS 18001 => standar internasional yang memberikan ketentuan sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja.
  10. SA 8000 / Ave Audit => standar audit manajemen yang mencakup pengaruh langsung maupun tak langsung secara sosial dan etika dari kegiatan dan kebijakan yang diterapkan kepada employees oleh company.
  11. GMP => standar keamanan pangan berdasarkan pengendalian pada pelaksanaan produksi meliputi sarana dan prasarana produksi, sanitasi dan kesehatan employees di bagian produksi.
  12. HACCP => sistem manajemen keamanan pangan yang menitikberatkan pada titik kritis dari proses produksi untuk menekan dan mengontrol dampak dari bahaya potensial keamanan yang timbul.
  13. BRC / EUREPGAP /IFS => standar keamanan pangan yang dikembangkan oleh para retailer di Inggris, jerman, Perancis dan negara Uni Eropa untuk mengontrol keamanan pangan dari supplier dengan memasukkan sebagian persyaratan GMP dan HACCP

Nah demikianlah pengenalan ISO dari Master untuk Lightians, semoga dapat meningkatkan wawasan bersama. Together, we change the world better than today !!!

Have a great day Lihgtians...

GBU ... \(^^) /


Tidak ada komentar: