Hi, Master senang sekali bisa hadir lagi memberikan cahaya bagi Lightians (Master call all of you as Lightians^^).
"Customers are Kings", hmmm... pepatah itu emang benar, coba Lightians umpamakan customer itu sebagai jantung, apa jadinya tubuh kita tanpa jantung ? Bisa-bisa kita menjadi walking dead body alias zombie...^o^, so sangat penting bagi kita untuk menjaga hubungan dengan customers.
Hari ini, Master akan memberikan beberapa hal yang sebaiknya Lightians tidak katakan kepada customers, so let's begin:
1.I Don't Know alias saya ngga tau dech.
Customers ngga mengharapkan kita untuk mengetahui semuanya namun mereka mengharapkan kita mempunyai cukup keyakinan terhadap pengetahuan dari bisnis yang kita jalankan, so lebih baik Lightians katakan saja "wah itu pertanyaan bagus, ijinkan saya menunjukkannya/menjelaskannya pada anda".
2.All Sales Are Final alias mau ngga mau you harus terima.
Policy toko/bisnis yang kita kelola mungkin tidak mengijinkan adanya return atau pemberian merchandise atau bonus.
Customers sebaiknya diberitahu hal itu namun kita juga harus flexible dan mengijinkan adanya exception terhadap policy bisnis kita selama hal tersebut dapat memelihara relasi jangka panjang kita dengan customers.
So, lebih baik kita katakan "perkenankan kami mengetahui jika ada hal-hal yang membuat anda kurang nyaman dan kami akan memperbaikinya"
3.Calm Down alias tenanglah jangan seperti itu.
Tidak menutup kemungkinan jika suatu saat customers kita ada yang mengajukan komplain karena kurang puas dengan layanan yang kita berikan.
Biarkan si customer menyelesaikan komplainnya hingga mereka merasa lebih baik dan siap menerima tanggapan kita, jangan kita sanggah sebelum customer menyelesaikan apa yang ingin mereka sampaikan karena hal itu justru akan memperburuk keadaan.
Sebaiknya Lightians katakan saja "saya minta maaf"
4.Did You See Any ? or apakah anda melihat ada yang lainnya, ngga ada kan?
Lebih baik katakan saja "ya, kami stok itu, coba saya pergi untuk melihat apakah masih ada yang lain."
5.We Are Close or kami uda tutup nich, kembali aja besok.
Labih baik katakan "kami tutup jam (sekian) dan buka kembali jam (sekian), apakah ada yang bisa kami bantu untuk anda dengan cepat sekarang ?" sehingga customer menjadi lebih respek dengan kita.
To be continued...
Sampai disini dulu Lightians, sampai jumpa di chapter berikutnya.
Have a nice day all ^v^
"Customers are Kings", hmmm... pepatah itu emang benar, coba Lightians umpamakan customer itu sebagai jantung, apa jadinya tubuh kita tanpa jantung ? Bisa-bisa kita menjadi walking dead body alias zombie...^o^, so sangat penting bagi kita untuk menjaga hubungan dengan customers.
Hari ini, Master akan memberikan beberapa hal yang sebaiknya Lightians tidak katakan kepada customers, so let's begin:
1.I Don't Know alias saya ngga tau dech.
Customers ngga mengharapkan kita untuk mengetahui semuanya namun mereka mengharapkan kita mempunyai cukup keyakinan terhadap pengetahuan dari bisnis yang kita jalankan, so lebih baik Lightians katakan saja "wah itu pertanyaan bagus, ijinkan saya menunjukkannya/menjelaskannya pada anda".
2.All Sales Are Final alias mau ngga mau you harus terima.
Policy toko/bisnis yang kita kelola mungkin tidak mengijinkan adanya return atau pemberian merchandise atau bonus.
Customers sebaiknya diberitahu hal itu namun kita juga harus flexible dan mengijinkan adanya exception terhadap policy bisnis kita selama hal tersebut dapat memelihara relasi jangka panjang kita dengan customers.
So, lebih baik kita katakan "perkenankan kami mengetahui jika ada hal-hal yang membuat anda kurang nyaman dan kami akan memperbaikinya"
3.Calm Down alias tenanglah jangan seperti itu.
Tidak menutup kemungkinan jika suatu saat customers kita ada yang mengajukan komplain karena kurang puas dengan layanan yang kita berikan.
Biarkan si customer menyelesaikan komplainnya hingga mereka merasa lebih baik dan siap menerima tanggapan kita, jangan kita sanggah sebelum customer menyelesaikan apa yang ingin mereka sampaikan karena hal itu justru akan memperburuk keadaan.
Sebaiknya Lightians katakan saja "saya minta maaf"
4.Did You See Any ? or apakah anda melihat ada yang lainnya, ngga ada kan?
Lebih baik katakan saja "ya, kami stok itu, coba saya pergi untuk melihat apakah masih ada yang lain."
5.We Are Close or kami uda tutup nich, kembali aja besok.
Labih baik katakan "kami tutup jam (sekian) dan buka kembali jam (sekian), apakah ada yang bisa kami bantu untuk anda dengan cepat sekarang ?" sehingga customer menjadi lebih respek dengan kita.
To be continued...
Sampai disini dulu Lightians, sampai jumpa di chapter berikutnya.
Have a nice day all ^v^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar